-->

Bukan hanya sakit perut, itu tanda lain gangguan pencernaan

Seperti yang kita ketahui, sakit perut selalu sama dengan kondisi pencernaan yang bermasalah. Bahkan, ada banyak gejala gangguan pencernaan lainnya yang sering tidak dikenali atau dianggap sepele karena tidak terkait dengan organ pencernaan.
Agar Anda tahu lebih baik, berikut adalah beberapa tanda yang bisa menunjukkan Anda penyakit pencernaan.



BACA JUGA : 7 tips ahli untuk mendapatkan rambut yang luar biasa

1. cegukanHiccup dapat dianggap normal jika stimulasi saraf terjadi di bawah paru-paru. Namun, jika cegukan dapat terjadi lebih dari satu jam atau sangat sering, ini bisa menjadi pertanda masalah pencernaan. Gangguan pencernaan ditandai dengan cegukan adalah penyakit refluks gastroesofagus atau GERD. Penyakit ini disebabkan oleh kelemahan otot di bagian bawah kerongkongan, yang menyebabkan keasaman lambung dan tanda kanker saluran cerna.
2. Sering terengah-engahTakikardia normal dalam saluran pencernaan karena tubuh melepaskan terlalu banyak udara di saluran pencernaan. Namun, Anda harus memperhatikan seberapa sering frekuensi sirip disertai dengan bau busuk. Ini bisa menjadi tanda infeksi saluran pencernaan. Selain itu, kentut juga bisa menjadi tanda pencernaan, karena makanan tertentu tidak dapat dicerna, karena ada makanan yang tubuh tidak dapat dicerna.
3. konstipasiPenyebab gangguan pencernaan juga dapat ditandai oleh sembelit, jarang buang air besar dan bangku keras. Tetapi konstipasi juga bisa menjadi indikasi sindrom iritasi usus (IBS). Menurut laporan KlikDokter, IBS adalah gangguan pencernaan yang dipicu oleh stres. Penderita sering mengalami konstipasi dan nyeri. Secara umum, setelah orang tersebut berhasil buang air besar, rasa sakit perutnya akan perlahan menghilang.
4. Kursi hitamSelalu perhatikan warna kotoran setelah buang air besar, karena tinja berwarna hitam dengan konsistensi lunak atau encer, yang menunjukkan perdarahan di saluran pencernaan, yang harus dirawat oleh dokter. Selain itu, perdarahan gastrointestinal juga bisa disebabkan oleh luka atau tumor di saluran pencernaan.
5. Mata kuningMata kuning disebabkan oleh terlalu banyak bilirubin (pigmen empedu kuning kemerahan yang disebabkan oleh pemecahan sel darah merah di hati) di dalam darah. Kehadiran mata kuning dapat menunjukkan bahwa metabolisme tidak berjalan dengan baik. Penyebabnya bisa berupa gangguan saluran hati atau empedu yang merupakan bagian dari saluran pencernaan.
Tentu saja, mengetahui tanda-tanda gangguan pencernaan, Anda selalu bisa waspada terhadap perasaan. Dengan cara ini Anda dapat segera menemui dokter untuk menghindari gangguan pencernaan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bukan hanya sakit perut, itu tanda lain gangguan pencernaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel